Monday, October 19, 2015

Service Radiator Karimun Kotak

Beberapa hari sebelum ketauan radiator bermasalah, mesin kerasa berat. Jadi kalau udah jalan hampir sampe tujuan performa mesin turun dan tenaganya kayak ilang sampe 40%. Karimun ini kerjanya ga terlalu berat tiap hari, cuman sekitar 10 km pas pergi kerja, dan 10 km pas pulang kerja. Jadi total hanya sekitar 20 km perhari.

Pas puncak bogor atau jayawijaya masalahnya (apaan sih?), itu mesin sekitar 20 meter dari rumah tiba tiba mati, untung udah deket. Pas mati lumayan bikin kaget, karena itu pas tikungan dan banyak kendaraan di depan dan belakang pada klaksonin. Langsung pacar saya yang duduk di belakang bergairah loncat ke kursi pilot, dan saya sebagai pilot keluar mobil untuk jadi mesin dorong berkekuatan 1HP(horse human power). Bau karet kebakar santer banget ketika dorong mobil (lap keringet).

*klek* *efek suara buka kap* nyoss.. panas banget ruang mesin, udah deh saya langsung cek tempat air radiator... Gurun Sahara mas bro, kering. Mau buka tutup radiator... kayak kompoor!! panas!!. Yasudlah itu didiemin dulu sampe mesin dingin. Setelah dingin mesinnya kemudian dicek ternyata bener itu air radiator kena musim kemarau... kering kayak jomlo haus akan kasih sayang mantannya yang pergi nikah sama temen sendiri pas di bangku SMA (malah tsurhat).

Pas malemnya saya isi air hampir 4 liter ntu radiator, pas ngisi air radiator saya bergumam 'dari nol yah' *deg, kenapa saya bisa termakan iklan?*. Pas paginya dicek ngilang itu airnya sekitar 1/2 liter. Berarti ada yang bocor ( analisa cerdas). Keliatan basaaah basaaah baaasah mandi maaduuu.... *dilanjut joget sealbum*


Air rembes di area radiator bagian atas
Mau benerin sendiri ga ada waktu :p, ya sudah saya cari deh tukang benerin radiator di deket kontrakan area rabel (rawa belong). Nemu 2 bengkel radiator tuh, di rabel sama di palmerah. Karena mobilnya bermasalah, saya ambil bengkel terdekat yang area Rabel "Karya Fajar Radiator". Posisinya exactly seberang showroom Toyota Rawa Belong
Karya Fajar Radiator
Untung datengnya pagi tuh jam 8 pagi (hari sabtu), jadi ajah pelanggan pertama. Eh.. ada 2 motor datang ambil radiator yang sudah diperbaiki, terus aku tanya :

Saya : JG

Kang Radiator: KR

JG : Bang, itu yang benerin radiator kemarin yah? jadi tinggal ambil?

KR : Iya, jadi hari ini mereka tinggal ambil.

JG : Mereka darimana aja yang benerin radiator?

KR : Dari bengkel-bengkel mobil di Palmerah sama kebayoran, sama bengkel radiator palmerah juga suka dibenerin di sini.

JG : Lha.... jadi mereka bengkel radiator yang nyuruh bengkel radiator benerin radiator? *Bingung sendiri*

KR: Iyah *dengan logat jawa*

Selagi Si Kang Radiator bongkar radiator, saya nanya berapa ongkos benerinnya. Dia bilang kalo bongkar sama bersihin radiator itu Rp.150k, kalo nanti kerusakannya dicek dulu.

Abang kesayangan lagi bongkar-bongkar
Setelah dibongkar langsung dicek radiatornya, diceknya kayak ditambal ban. Radiator disembur angin dan lubang lubangnya ditutup tangan, pas dicelup ke kolam ikan air langsung keliatan tuh udara yang keluar ada di bagian sebelah mana? Ketauan tuh bocornya area atas (Upper Tank)

Bocooor bocooor
Upper tank langsung dibongkar sama Si Abangnya buat dicek lebih jelas lagi. Ternyata Upper tank-nya pecah *kaget* :D, Si Abangnya infoin juga kalau ini belum pernah diganti. Emezing yah kalo produk asli dari Jepang-nya, ini plastik kayak gini bisa kuat nahan panas radiator sampe 15 tahun. Pantes Miyabi tahan lama....eh..... *Ambil Wudu*

Upper Tank riwayatmu setelah 15 tahun
Si Abang langsung telepon itu pacarnya, bukaaaan telepon bengkel di Palmerah buat nanyain kalau upper tank-nya available atau engga? eh, jam setengah sembilan belum buka ternyata. Kemudian dilanjut bersihin radiatornya. Service-nya bagus banget ini bengkel, radiator sekalian disikat bagian luarnya biar bersih, untuk bagian dalemnya dicolok-colok asik pake besi pipih biar jalur kisi-kisi pendinginan radiator bersih. Makjang.... itu radiator kotor amat kayak GBK sehabis dipake maen acara politik.

Coloook teruus, Bang!!!


Udah bersih lubang kisi-kisi dan lem bekas sebelumnya
Setelah dibersihin dan nunggu kering itu bagian atas radiator, Si Babang pergi ke bengkel untuk ambil uppert tank yang baru. Ga lama nyampe, langsung eksekusi buat pasang upper tank baru. Si Babangnya lanjut ngelem (bukan mabok) terus masang ke radiator-nya dengan cara dielus-elus, diciumin, dikunci pegangannya pake tang, terus ditakol palu :D.

Upper Tank terbuat dari Plastik

Entahlah ini ori atau engga (harganya Rp.250k)


Abang jangan dibiasain ngelem ah!

Dipukul palu untuk ngunci pegangan



Biar lebih afdol dikunci lagi pake tang
Setelah lemnya kering, langsung dites lagi pake metode kolam ikan aer. Alhamdulillah atas doa keluarga di Bandung dan teman kantor, itu radiator ga bocor lagi *Pukul udara*

Cek lagi kebocoran

Alhamdulilah ga bocor
Alhamdulillah lagi, ternyata ini bengkel terima pasang juga, saya kira cuman terima bongkar ajah. Setelah dipasang lagi, radiator dicek lagi kemampuannya. Pokoknya ini bengkel radiator saya rekomendasikan banget karena :

1. Bengkel ini sudah ada sejak tahun 90an. Which is berpengalaman sekali.

2. Kenapa banyak bengkel lain pada benerin di sini? karena bengkel ini bisa bikinin water tank untuk kendaraan lama yang sudah tidak ada lagi spare part-nya. Kemarin ajah ada radiator mobil tua yang sudah selesai dibuatkan water tank-nya

3. Harganya ga bohongin. Kalo bersihiin dan bongkar hanya Rp.150k. Ga tau yah di tempat lain, karena saya baru pertama kali ngebenerin

4. Service-nya memuaskan, bukan hanya dibenerin dan dibersihiin area dalemnya ajah itu radiator, sampe area luarnya juga dibersihin.

Total perbaikan Rp. 400k

- Ongkos bongkar Rp. 150k

- Ganti upper tank Rp. 250k

FYI, itu yang benerin pegawainya, Empunya (yang lebih pengalaman) lagi ambil rapot anaknya. Ini anak buahnya udah berpengalaman 4 tahun di dunia per-radiatoran.

Huraaaay!!! mesinnya sekarang kayak pacar aku kalo udah gajian. Suhunya adem :P

2 comments:

  1. Halo gan,,, bisa minta no agan kah? nubie nih mau tanya2 tentang mumun juga,, kayaknya sering liat mumun warna ini dengan tutup bensin tazmania ya?? :-) salam kenal

    ReplyDelete
  2. Salam kenal, saya anknya yg punya bengkel radiator hehe
    Trimakasih atas penilaiannya gaan

    ReplyDelete