Wednesday, August 14, 2013

Sebarkan Keceriaan dan Ucapan Terima kasih

Kamu adalah agen perubahan, seperti saya yang berubah menjadi ganteng banget dari sebelumnya ganteng ajah, gituh. Kita tuh agen-agen yang berubah untuk mengubah orang menjadi lebih baik dari seorang monster atau suneo&giant yang licik menjadi anak baik yang gemar mengerjakan PR tanpa mencontek kepada dikisugi #adaw

Sebagai manusia yang manusia, bukan manusia setengah dewa. Kita tentunya perlu bantuan orang lain untuk mencapai tujuan, ngedeketin gebetan ajah kita perlu bantuan orang lain kan, iyah. Pada hakikatnya manusia itu makhluk sosial, makanya bikin facebook dan twitter. Karena kebutuhannya akan sosial yang tinggi, manusia lebih bahagia maenan FB daripada kerja :p.

Dulu yah, saya pernah tuh kerja sampingan pas zaman SMP, kerja sebagai penunggu rental playstation. Tau kan kalo pekerjaan yang namanya nunggu tuh ngebosenin, sayah nunggu orang maen PS, di mana saya sendiri ga punya hal lain untuk membunuh waktu. Apalagi kalo yang ngerentalnya anak-anak kecil, aduh itu sejam ajah mereka bisa ganti-ganti CD game ampe belasan kali karena katanya ga rame itu permainannya.

Untuk setiap pekerjaan yang berdasarkan menunggu dan melayani itu sangat perlu kesabaran yang tinggi. Mood kita tuh bener bener digoda, apalagi udah mau tutup tuh rental PS dan masih ada yang maen suka kesel. Kalau udah kesel pelayanan ke pelanggan kualitasnya malah jadi turun. Pas mereka minta ganti cd game ajah jadi ga cekatan, suka leha leha. Kadang pas lagi bete ada pelanggan yang udah dewasa setelah bermain mengucapkan terima kasih dan sambil tersenyum tuh bikin bahagia, padahal senyuman itu datang di sore hari yang mana saya bekerja sudah seharian. Tapi kekuatan keceriaan dan terima kasih itu powerful banget.

Karena dulu saya jadi seorang pelayan (rental PS), saya jadi tahu bagaimana sih perasaan para penunggu parkir, loket loket kantor pos, loket tiket kereta api, waitres mekdi, waitres pizza, dan banyak lagi profesi yang berazaskan menunggu dan melayani.

Siang itu sekitar pukul 2 siang saya menyempatkan beli tiket kereta api ke bandung, karena jarak stasiun gambir yang cukup jauh akhirnya beli di kantor pos saja dekat kantor. Bagi para penunggu loket kantor pos pukul 2 siang adalah jam jamnya malesin. Gimana ga males? Mereka udah melayani pelanggan dari pagi dan baru ajah makan siang yg bikin ngantuk. Kebetulan penjaga loketnya itu seorang wanita, wanita berumuran sekitaran 23 tahun, mukanya sudah males melayani. Kemudian saya bergurau agar dia tidak merasa bete 

"Mbak, rambutnya ke salon atau pake shampo ajah? Kok bagus sih gelombang rambutnya?"… si wanita itu tersenyum diselingi tertawa malu malu seneng. Wanita itu menjadi tiba tiba menjadi sigap melayani saya, wanita itu merasa ada yang memperhatikan serta merasakan bahwa lelah dari pagi itu sirna dalam waktu sekejap saja. Setelah selesai membeli tiket saya tidak lupa berterima kasih "Makasih yah cewe shampoan" sambil melempar senyum.

Dari pelajaran tadi kita jadi tahu bahwa memberikan sedikit saja keceriaan bagi orang lain itu bisa buat orang mendadak bahagia atau mendadak hilang lelahnya. So.. Tetep berbagi keceriaan dan jangan lupa mengucap terima kasih untuk setiap jasa orang lain yang telah diberikan kepada kita.

-JG -

No comments:

Post a Comment