Tuesday, February 10, 2015

Ganti Velg Karimun Kotak

Minggu yang berat, bulak balik ke bandung selama 2 minggu berturut turut. Dan di bandungnya harus pergi nun jauh ke majalaya untuk ngehadirin nikahannya temen ast. Itu nyetir kalo dari jkt-bdg ditambah bdg-majalaya majalaya-bdg total lebih dari 10 jam o_o.

Sebenernya kalo nyetir lama gini ga bikin hari saya jadi berat sih. Karena nyetir berjam-jam udah biasa, bro, jakarta bikin kita kuat, bro. Yang bikin berat adalah waktu pulang ke bandung ban mobil kena baut. Jadi sepulang dari majalaya nyampe rumah di bandung, itu ban mobil ada besi nyempil di ban, sebenernya ga bikin bocor. Tapi sebelumnya bocor langsung cus ke tukang tambal ban buat nyabut baut dan kalo bocor langsung ditambal ajah, sekalian juga cek ban cadangannya juga yang ternyata bocor. Yasud itu sekalian diurusin ban cadangannya. Setelah diteliti ternyata ban cadangan ukuran bannya 13inch sedangkan ban utama yang dipake 14inch, lhaa kok bedaaaa?? udah 3 bulan pake ini mobil baru ketauan :(
Walaupun ban yg bocor tadi dah ditambal dan ban cadangan udah ditambal tetep ajah hariwang (khawatir) kalo bermasalah di jalan tol terus perlu ganti ban pake cadangan dan posisi jauh kemana-mana kan bahaya kalo pake ban ukuran yg ga sama :( nanti berar sebelah.

Akhirnya dengan berat hati harus ganti semua velg dan ban jadi 13 inch agar standar lagi. Bukannya sayang karena sekarang pake velg 14 inch , tapi biayanya :( 

Hasil diskusi dan pengajuan proposal dana yang cukup alot, akhirnya keluar approval dari menteri keuangan untuk pake biaya tabungan kita. Budget yang dikasih maksimal 2,5jt agar semua velg dan bannya jadi 13inch.

Atas budi yang luhur dan ayah mertua yang baik hati bantuin nyari velg ini (ayah mertua ikut nyariin karena takut kena omel menteri keuangan kalo approvalnya ga cepat cepat dijalanin) akhirnya nemu velg 13 inch yg ori di toko velg bekas yang pertama kita datangin (HURAAAY!!)


Velg karimun 2000 (palang tiga)
              
Velg yang dipajang hanya 1, kita minta semua velg-nya diturunin biar bisa liat kondisinya. Pas diliat kondisinya bagus, saya langsung minta harganya dengan permintaan :
1. Tuker tambah dengan velg+ban yang existing
2. 5 ban baru untuk velg 13 inch (cadangannya ganti ban baru juga)
3. Velg 13inch minta dibersihin dan dirapiin
 
Hasil ngotret si penjual dan nego kita yang ga lama, akhirnya keluar MoM(minutes of meeting) bahwa harganya 2.3jt dan 100rb buat mur baru buat semua ban. Total 2.4jt. Harga total masih masuk budget sih sesuai dengan budget yg di-approved sama menkeu.
Sebelum ke tempat velg kita nyari dulu bengkel ban yang buka buat cek harga atau mau beli ajah sekalian ban 13inch, tapi kenyataanya di hari minggu orang orang berubah jadi kaya dan ga buka toko. Untungnya si penjual velg punya link dengan gudang penyedia ban, jadi ajah ban barunya bisa disediain juga. Dia cerita dapet dari gudang di daerah cileunyi, dijamin bakalan buka terus kalo perlu ban baru. Ban yang dipilih Achilles platinum 13inch 165/65 datang dianterin dari gudang


Ban achilles platinum 13inch

Ban datang langsung disambit disambut sama ayah mertua. Langsung saya juga ikut ngecek (kayak yg ngerti -_-") 


Model ban achilles 2015
Dengan cekatan ban dipasang ke velg-nya juga di-finishing velgnya biar kinclong lagih 

Ban dipasang kemudian di-finishing
Alhamdulillah akhirnya selesai, bayar 2,4jt dan balik ke rumah. Lumayan berat sih harus ngeluarin uang segituh. Sekarang si karimun kotak lebih stabil dengan velg ukuran orisinal 13inch. Ya Allah moga ke depannya rezeki ada lagih. *teringat biaya pendidikan anak yg masih belum terpenuhi :(*

Jadi lucuk kan, iyaaaaaah :)

3 comments:

  1. mending beli ban ama velk 1 ukurn 14om.kan lebih murah drpad beli 4 ukutlran 13..keren ukuran 14

    ReplyDelete
  2. Saya pake ukuran veleg 14 kalo belok parkir gasruk ke bodi, gmn ya baiknya?

    ReplyDelete
  3. Rencana aq mo ganti ring 14 tapi klo nggrasuk yaaa gak jdi dah trims infony

    ReplyDelete